mahasiswa berkreasi dan berinovasi ? masih bisa tentunya, masa iya ngga ?

prospek mahasiswa berkreasi dan berinovasi sangat banyak. contohnya melalui ruang lingkup kampus saja, misalkan bergerak di kemahasiswaannya, dengan adanya kegiatan di kemahasiswaan, kita belajar bagaimana bekerja sama, memberikan ide, memanage waktu dan menghandle sebuah preasure. prospeknya sangat besar, apalagi bagi mahasiswa yang mau meluangkan waktunya lebih banyak untuk mengetahui sedikit tentang banyak hal.  Contohnya seperti acara SBM-ITB Golf Tournament 2010, saya pada saat itu menjadi VP Sponsorship disitu saya belajar cara menghadapi preasure pada saat divisi lain membutuhkan dana secepatnya sedangkan uang dari sponsorship belom cair, lalu melobbying para pejabat perusahaan untuk mau bekerja sama dgn kami. Intinya peluang untuk berkreasi dan berinovasi sangatlah banyak asalkan mau meluangkan waktu dan siap dengan resikonya.

tetapi masalahnya mahasiswa kurang ingin meluangkan waktunya lebih banyak, terkekang jadwal kuliah yang padat, jadwal main yang lebih padat lagi dan juga banyak mahasiswa yang tidak mau keluar dari comfort zone mereka. Hal ini cenderung terjadi karena “Malas” biasanya terjadi soalnya dikelilingi oleh situasi yang bikin males, kaya bergaulnya sama yang males jadi kebawa males lalu biasanya karena di tempat tinggalnya sudah ada semua jadi daya juangnya rendah. Intinya kita harus mau lari jauh-jauh dari comfort zone kita bila tidak kita akan menjadi orang yang tidak bermutu/tidak punya value lebih dari orang lain.

Masalah itu sebenernya bisa kita atasi dengan mudah asalkan ada “niat” atau “nawaitu”, niat berubahlah, semua juga di awali dengan niat. misalkan kita udah punya niat untuk berubah terus kita ngelakuinnya dengan bener-bener pasti masalah-masalah kaya gitu ga akan terjadi ke kita.

Lima Level Kreativitas adalah

  • Existential: Segala sesuatu ada yang mengawali terlebih dahulu, kemudian hal-hallain pun turut hadir mengikuti
  • Communicational: Ketika sesuatu telah tercpta, hal tersebut akan berhubungan atau berkomunikasi dengan proses lainnya.
  • Instrumental: Hubungan yang bersifat instrumental akan membawa kita menciptakan alat-alat atau alat-alat bantu.
  • Orientational: Alat-alat atau alat-alat bantu tersebut harus diarahkan kegunaannya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna (untuk lingkungan, masyarakat, sosial).
  • Innovational: Segala sesuatu yang diciptakan untuk masyarakat adalah inovasi yang memberikan objek baru, fitur baru, produk baru.
Ada 4 level inovasi yaitu Inovasi teknologi, proses, bisnis model dan produk. Seperti produk iPod yang pada saat itu hanya menjadi alat untuk mendengarkan musik saja, namun dengan kehadiran iTunes sekarang musis menjadi bisnis online, sehingga semua orang bisa mendownload dan mendengarkan. ini adalah yang membuat produk tersebut sukses di pasaran, dan menjadi jukebox setiap orang yang memilikinya. Perusahaan tersebut sudah melakukan 4 level inovasi . 
The World Is Flat: A Brief History of the Twenty-First Century is an international bestselling book by Thomas Friedman that analyzes globalization, primarily in the early 21st century. The title is a metaphor for viewing the world as a level playing field in terms of commerce, where all competitors have an equal opportunity. As the first edition cover illustration indicates, the title also alludes to the perceptual shift required for countries, companies and individuals to remain competitive in a global market where historical and geographical divisions are becoming increasingly irrelevant. – Wikipedia
Intinya buka itu menceritakan Bagaimana cara kita untuk selalu bisa berkolaborasi, bersaing dan berbagi dengan orang yang berbeda linkungan, latar belakang pendidikan yang berbeda dan bahasa.  Hal-hal tersebut harusnya masuk ke dalam perspektif kita sehingga menjadi solusi dari setiap masalah yang ada.
Advertisements

About tofandaru

19009076 Student of SBM-ITB
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s